Menu Close

Umkm Online Jadi Solusi Bertahan Saat Pandemi Covid

Apabila kamu menjual produk antibakteri di saat -saat seperti ini, peluang untuk usahamu berjalan lancar dan sukses akan lebih besar dari biasanya. Namun, karena pandemi virus Covid-19 kemarin, banyak orang yang tidak bisa melakukan perawatan ke salon. Meski begitu, ide-ide bisnis tersebut sebenarnya sudah ramai dan banyak digunakan, sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk masyarakatnya melakukan karantina diri #dirumahaja. Namun tentu saja, semua itu akan berjalan dengan iringan protokol kesehatan yang telah pemerintah buat. Apalagi produk FMCG yang sangat kuat di offline kini harus beralih distribusinya secara online.

Bisnis di masa pandemi seperti ini

Pembatasan sosial membuat banyak anak-anak sekolah harus belajar di rumah. Sementara anak-anak usia pra-sekolah dan balita membutuhkan kegiatan agar otak dan motorik mereka tetap Bola Online aktif meski harus banyak di rumah. Hal ini mendorong larisnya berbagai buku bacaan, alat gambar, buku mewarnai, permainan edukasi, flash card, dan produk serupa lainnya.

Untuk mengakalinya, kamu bisa memaksimalkan pemesanan on-line melalui grab dan gojek atau dengan layanan pesan antar. Secara umum usaha logistik merupakan sebuah bisnis yang melakukan proses penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan, dan penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu. Sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar bisnis logistik justru diuntungkan dengan meningkatnya permintaan pengiriman barang dari pelanggan. Seiring dengan himbauan untuk tidak keluar rumah jika tidak mendesak, usaha logistik akan terus mengalami peningkatan. Tak heran jika pola penanganan kesehatan pun seakan mengalami perubahan dari rehabilitative-kuratif menjadi promotif-preventif. Di sini termasuk perlengkapan kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, dan face defend.

Namun, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual paket daging untuk dimasak di rumah. Minimalkan beban pada biaya gaji karyawan, insentif, listrik, air, promosi yang tidak efektif dan lain sebagainya. Selalu lakukan evaluasi pada biaya-biaya yang tidak efektif untuk meningkatkan penjualan, terutama biaya yang besar nilainya. Lantas apa yang harus dilakukan agar bisnis style bertahan selama pandemi ? Berikut adalah 5 cara bisnis style bertahan selama pandemi yang kami sajikan untuk Anda dan semoga bisa menjadi masukan khususnya untuk para pengusaha di bidang fashion.

Tentunya Anda harus mengarahkan sumber daya yang dimiliki untuk menyesuaikan diri terhadap strategi tersebut, menyiapkan fasilitasnya, dan juga mengukur ulang kemampuan perusahaan untuk melakukan hal itu. Jadi, strategi-strategi baru yang ingin diterapkan nantinya bisa terlaksana dengan baik dan karyawan Anda pun dapat beradaptasi dengan situasi baru dari perusahaan. Seorang pebisnis UMKM hanya akan bertahan jika cepat mengantisipasi situasi yang ada dengan melakukan sejumlah adaptasi. Semoga ketujuh strategi di atas bisa menjadi pencerahan bagi bisnismu untuk bertahan. Meningkatkan clicker atau viewer –pada website atau kanal Youtube, tentu saja tidak mudah.

Namun meskipun demikian, usahakan jangan memberikan harga yang terlalu besar dan mengambil keuntungan yang banyak. Bukan hanya itu saja, meskipun menjual barang-barang yang dibutuhkan, usahakan tidak menjadi penjual yang curang yakni dengan menimbunnya. Tetap memperhatikan kualitas produk merupakan cara berjualan on-line yang sangat patut untuk diperhatikan. Karena meskipun di tengah-tengah pandemi kualitas produk harus tetap dipastikan agar para pembeli tidak kecewa dan merasa puas berbelanja. Menurunkan harga pun menjadi cara jitu agar jualan on-line masih tetap laris manis dan diminati oleh orang-orang di tengah-tengah pandemi. Meskipun di tengah-tengah pandemi, tidak jarang membuat pikiran panik, bagi para penjual on-line sebaiknya bisa mengatasi hal tersebut.

Selain itu, arus investasi juga bisa diperhatikan lewat pembaruan-pembaruan yang diberikan oleh lembaga-lembaga terkait seperti Lembaga Manajemen Aset Negara. Yang penting, jangan lupa untuk menganggarkan biaya promosi untuk pemasaran digital via sosmed atau membagi sample produk ke teman-teman ataupun keluarga. Kalau makanan atau minuman kamu rasanya emang enak, dijamin laris dan banyak yang beli. Sebagian besar masyarakat membeli cemilan untuk menemani mereka menghabiskan waktu di rumah, baik itu sambil bekerja atau mendampingi putra-putri mereka yang sekolah dari rumah. Peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha berjualan cemilan, baik itu hasil dari produksi Anda sendiri atau dengan menjadi reseller dari produk cemilan yang sudah ada saat ini. Dikutip dari teen.id, transaksi produk kesehatan di Tokopedia mengalami kenaikan penjualan hampir sebanyak tiga kali lipat.

Untuk lokasi bisnis, Anda bisa memanfaatkan tempat tinggal Anda sebagai permulaan, tidak harus langsung menyewa tempat. Mulai dari bisnis produk makanan dan trend, hingga bisnis jasa pembuatan website. Produsen jamu ini mengatakan bisnis mereka mengalami peningkatan penjualan sebesar 2-3 kali lipat sejak pandemi terjadi.